• Jum. Jun 21st, 2024

Pembinaan KIM dan Pertura se-Kota Madiun April 2018

Bykimmadiunlor

Apr 17, 2018

MADIUN – Pada bulan ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun melaksanakan kegiatan pembinaan KIM dan Pertura se-Kota Madiun pada hari Selasa, 17 April 2018 yang bertempat di Gedung Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi KIM di Kota Madiun sekaligus mendukung KIM Kejuron dalam Seleksi Administrasi LCCK Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun memberikan sambutan pada awal kegiatan hari ini. Selain Pembinaan KIM se-Kota Madiun, kegiatan kali ini menghadirkan Pertura (Pertunjukan Rakyat) dengan tema Jamu Jati Kendi yang berarti masyarakat harus memiliki prinsip Jaga Mulut, Jaga Hati, dan Kendalikan Diri dalam menyampaian berita maupun informasi.

Acara selanjutnya evaluasi pelaksanaan LCCK Tingkat Kota Madiun 2018 dan penyampaian hasil workshop LCCK Tingkat Provinsi Jawa Timur mengenai kriteria umum partisipasi KIM dalam penulisan artikel berita yang baik. Berikut kriteria umum partisipasi KIM dalam penulisan artikel berita di kim.jatimprov.go.id:

  1. Asli, bukan plagiasi, bukan saduran, bukan terjemahan, bukan sekadar kompilasi, bukan rangkuman pendapat / buku orang lain.
  2. Belum pernah dimuat di media atau penerbitan lain kecuali Blog resmi KIM tersebut, dan juga tidak dikirim bersamaan ke media atau penerbitan lain.
  3. Topik yang diuraikan atau dibahas adalah sesuatu yang aktual dan relevan dengan kepentingan umum, terutama kepentingan masyarakat sekitar KIM.
  4. Kaidah penulisan setidaknya memenuhi kaidah jurnalistik dasar seperti 5 W + 1 H dan struktur piramida terbalik.
  5. Penulisan berita harus memiliki nilai berita (news value) dan informatif, atau setidaknya memberikan inspirasi atau menghibur pembaca.
  6. Penyajian tidak berkepanjangan, dan menggunakan bahasa populer / luwes yang mudah ditangkap oleh pembaca yang awam sekalipun. Panjang tulisan minimal memuat 500 kata atau 3000 karakter (dengan spasi) ditulis dengan program Words.

Acara terakhir yaitu pelatihan, pendampingan, serta sesi tanya jawab mengenai registrasi pada web kim.jatimprov.go.id. Seluruh KIM kelurahan di Kota Madiun wajib melakukan registrasi di KIM Provinsi Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *