• Ming. Sep 8th, 2024

Malam Tirakatan Menyongsong Hari Ulang Tahun Ke-73 Republik Indonesia

Bykimmadiunlor

Agu 17, 2018

MADIUN – Kemerdekaan memiliki arti yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 didapatkan bangsa ini dengan perjuangan berat tak kenal pamrih. Sebagai generasi penerus bangsa, kita wajib mengenang, memperingati, serta menjaga apa yang telah di perjuangkan oleh para pejuang untuk mendapatkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Di berbagai wilayah Indonesia banyak tradisi untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya.

Pada hari Kamis, 16 Agustus 2018 pukul 19.00, warga RW 1 dan RW 2 Kletak Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun mengadakan acara malam tirakatan dan upacara bendera menyongsong hari kemerdekaan Indonesia yang bertempat di Balai Pertemuan RW Lingkungan Kletak, Jalan Borobudur, Kota Madiun. Kegiatan ini merupakan salah satu tradisi yang sampai sekarang masih dilaksanakan setiap tahun.

Upacara bendera dihadiri langsung oleh Bapak Teguh Sudariyanto Camat Kecamatan Manguharjo yang sekaligus menjadi pembina upacara, Ibu Lita Febriana Lurah serta Perangkat Kelurahan Madiun Lor, Ketua, Pengurus, serta seluruh warga RW 1 dan RW 2 Kletak Kelurahan Madiun Lor. Pada acara malam tirakatan juga dihadiri oleh tamu undangan yaitu Bapak Maidi, Walikota Terpilih Tahun 2019-2024.

Setelah upacara bendera selesai dilaksanakan, seluruh warga serta tamu undangan disuguhi tari gambyong yang di persembahkan oleh paguyuban seni tari dan gamelan wilayah Madiun Lor dan dilanjutkan makan tumpeng bersama. Acara selanjutnya para tamu undangan serta seluruh warga wilayah RW 1 dan RW 2 Kletak Kelurahan Madiun Lor di hibur oleh gamelan dan orkes dangdut untuk menemani malam tirakatan menyongsong hari kemerdekaan Indonesia.

Malam tirakatan bertujuan untuk mengenang semangat perjuangan yang telah dilakukan para pendahulu untuk membuat kemerdekaan Indonesia. Semangat itulah yang harus ada, bukan hanya ketika hari kemerdekaan saja atau ketika malam tirakatan saja. Tetapi harus ada dan tertanam selamanya dalam hati warga Indonesia. Selain itu malam tirakat merupakan upaya agar warga lebih rukun dan mempunyai kesadaran akan jiwa Nasionalisme, Patriotisme, dan lebih menjaga Solidaritas antar warga masyarakat. Merdeka !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *